Inovasi Layanan Pelanggan Dengan AI (Artificial Intelligence)
- Vanesha

- 1 hari yang lalu
- 2 menit membaca

Di era digital yang berkembang pesat saat ini, bisnis selalu mencari cara dan dituntut untuk meningkatkan pengalaman layanan pelanggan mereka. Salah satunya yang telah mengubah cara kita melayani pelanggan adalah dengan Kecerdasan Buatan (AI), mulai dari memberikan respon cepat kapan saja, mengambil keputusan terbaik berdasarkan pengolahan data yang tepat, hingga memberikan informasi yang terpersonalisasi untuk pelanggan. AI (Artificial Intelligence) telah menjadi solusi yang kuat untuk pengembangan bisnis di segala sektor dan manfaat Kecerdasan Buatan (AI) semakin sering dirasakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berbeda-beda, salah satunya untuk meningkatkan dan memberikan layanan pelanggan yang berkualitas.
AI untuk Meningkatkan Interaksi Pelanggan
Dengan berkembangnya penggunaan AI untuk chatbot dan sistem CRM omnichannel, kini bisnis dapat memanfaatkan dan memberikan layanan pelanggan yang efisien, cerdas, dan tepat di berbagai saluran seperti media sosial. AI memungkinkan chatbot untuk memberikan bantuan secara real-time dengan anjuran yang disesuaikan kepada pelanggan.
Dan dengan memanfaatkan AI yang terintegrasi dengan sistem Omnichannel CRM untuk layanan pelanggan maka bisnis dapat memperkirakan kebutuhan pelanggan, menyelesaikan masalah dengan cepat, dan menghasilkan pengalaman yang disesuaikan untuk mendorong loyalitas dan kepuasan atas layanan yang diberikan.
Penggunaan AI Untuk Meningkatkan Interaksi Pelanggan
Salah satu penggunaan terbaik AI dalam layanan pelanggan adalah integrasi AI dengan chatbot. Chatbot yang didukung oleh AI mampu untuk memahami bahasa alami, mengekstrak informasi dengan memahami maksud percakapan pelanggan, mengatasi berbagai macam pertanyaan pelanggan dengan cepat seakurat mungkin, hingga belajar dari interaksi sebelumnya untuk meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu. Dengan menerapkan teknologi AI pada chatbot, bisnis dapat memberikan respon sepanjang waktu, mengurangi waktu respon, dan memberikan kesempatan agar bisnis mengerjakan hal lain yang lebih bernilai tinggi.
Tantangan Penerapan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Bisnis
Namun ada juga tantangan yang harus dihadapi saat menerapkan implementasi AI. Selain investasinya yang tidak murah dan tidak mudah, perlu adanya penyesuaian pada sistem aplikasi yang digunakan untuk implementasi AI, serta kesiapan data yang akan digunakan sebagai pusat informasi bagi AI untuk mengambil dan diolah sebagai respon jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan juga wajib dipersiapkan. Selain itu, infrastruktur untuk menjalankan penggunaan AI ini juga sedikit khusus untuk mendukung kecepatan dalam memproses seluruh permintaan data yang diinginkan.
Disamping itu, pengawasan secara terus-menerus harus tetap dilakukan demi meningkatkan efisiensi terhadap algoritma AI untuk mencegah bias dan kesalahan dan pemeliharaan baik dari sisi infrastrukturnya juga wajib dilakukan dengan rutin dan berkala untuk memastikan teknologi AI dapat beroperasi dengan efektif dan etis secara berkelanjutan.
Masa Depan AI dalam Layanan Pelanggan
Seiring dengan perkembangan AI (artificial Intelligence) yang pesat, layanan pelanggan akan mengalami inovasi-inovasi agar memuaskan dan memberikan kemudahan kepada konsumen saat berinteraksi dengan suatu bisnis. Dengan menggunakan fitur maupun solusi yang didorong oleh AI seperti chatbot, seperti chatbot AI pada sistem eBesha Omnichannel CRM, bisnis dapat tetap unggul untuk memberikan layanan pelanggan yang berkualitas, peningkatan efisiensi serta mendapatkan daya saing yang tinggi di pasar, sehingga layanan pelanggan dapat diciptakan secara berkualitas dan memberikan manfaat jangka panjang untuk perkembangan bisnis Anda.
Berikan Layanan Pelanggan Berkualitas Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence)
Gunakan eBesha Omnichannel CRM dan memanfaatkan kemampuan chatbot AI untuk memaksimalkan serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan yang masuk melalui media sosial (WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram DM, Livechat, dan lainnya), serta kelola saluran lainnya seperti email dan website dalam satu dasbor.





