top of page
CRM Berbasis AI untuk Masa Depan Bisnis

Artificial Intelligence Pada Omnichannel Di Era Digital

  • Gambar penulis: Vanesha
    Vanesha
  • 19 Nov
  • 3 menit membaca
Artificial Intelligence Pada Omnichannel Di Era Digital

Bisnis saat ini menghadapi tantangan untuk bertemu pelanggan dalam berbagai saluran sosial media. Dengan banyaknya platform yang saat ini beredar, tentunya bisnis yang inovatif harus menghadapi perubahan komunikasi menjadi lebih beragam dan interaktif. Kunci kesuksesan terletak pada penyediaan pengalaman yang konsisten dan personal, apa pun platform yang dipilih pelanggan untuk berinteraksi. Di sinilah Artificial Intelligence (AI) dalam omnichannel berperan penting.



Apa Itu Artificial Intelligence & Omnichannel?

Sebelum mempelajari AI (kecerdasan buatan), mari kita pahami dulu apa itu layanan pelanggan omnichannel. Omnichannel merupakan teknologi untuk memudahkan pendekatan secara menyeluruh dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lancar di berbagai saluran, baik itu media sosial, email, panggilan telepon, maupun interaksi langsung. Fokusnya adalah menciptakan pengalaman komprehensif di mana pelanggan dapat bertransisi antar saluran dengan mudah tanpa mengalami gangguan.



Dampak AI Pada Omnichannel Untuk Layanan Pelanggan

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) telah mentransformasi cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan. Solusi yang mengacu pada kelebihan AI memberikan berbagai manfaat, mulai dari peningkatan efisiensi hingga menghadirkan interaksi yang sangat personal. Mari kita telusuri beberapa cara AI merevolusi layanan pelanggan dengan omnichannel:


  1. Rekomendasi Saran yang Dipersonalisasi

    Dengan memanfaatkan Algoritme AI menganalisis data pelanggan untuk memahami preferensi dan perilaku, sehingga memungkinkan bisnis menawarkan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan, pola pembelian, dan demografi mereka. Ini membantu perusahaan untuk semakin mengembangkan produk/jasa yang mereka perjual-belikan.

  2. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

    Analisis Data merupakan bagian penting untuk perkembangan bisnis, Dengan menggunakan omnichannel berbasis AI, perusahaan dapat mengidentifikasi pola-pola dalam data transaksi, platform yang digunakan, hingga riwayat penelusuran online. Dengan mengidentifikasi pola dalam data pelanggan, bisnis dapat secara proaktif meningkatkan retensi pelanggan agar tidak pindah ke bisnis lain yang sejenis.


  3. Jawaban Instan Secara Otomatis

    Chatbot, aplikasi AI yang umum digunakan, memberikan bantuan berupa jawaban instan kepada pelanggan sepanjang waktu. Asisten virtual ini dapat menangani pertanyaan dasar, hingga mengarahkan masalah kompleks ke agent manusia, sehingga dapat mempertahankan tingkat layanan yang konsisten di seluruh saluran komunikasi.

  4. Feedback Pelanggan Untuk Peningkatan Kualitas

    Alat analisis yang berbasis AI memperoleh semua masukan dari pelanggan untuk dijadikan data sebagai feedback. Bisnis dapat mengidentifikasi tren, mengatasi masalah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara menyeluruh. Dengan memahami apa yang diperlukan oleh pelanggan, Perusahaan dapat menyesuaikan strategi mereka untuk memenuhi harapan yang diinginkan oleh pelanggan.

  5. Proses Layanan Otomatis 24 Jam

    AI meringkas proses layanan dengan mengotomatiskan tugas dan alur kerja yang berulang. Dari menangani pesanan hingga penyelesaian masalah, otomatisasi yang didukung AI mempercepat waktu respons sehingga mengurangi beban biaya operasional.


Tidak hanya itu, Summarize AI mampu membaca ringkasan chat yang dilakukan oleh pelanggan. Sehingga Agen yang selanjutnya membaca chat tersebut mendapatkan informasi penting yang telah dirangkum oleh AI. Dengan membebaskan agen manusia dari tugas-tugas sehari-hari, bisnis dapat fokus dalam memberikan layanan yang luar biasa dan membangun hubungan pelanggan yang signifikan.



Mengatasi Hilangnya Hubungan Personal Dalam Layanan Pelanggan

Summarize AI memiliki fungsi sebagai jembatan bagi perusahaan yang ingin berinovasi. Perusahaan dapat membuka banyak kemungkinan, mulai dari meningkatkan personalisasi hingga meningkatkan efisiensi operasional. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk menghadirkan interaksi yang lancar dan terpersonalisasi, bisnis dapat menjadi yang terdepan dan menciptakan loyalitas jangka panjang dengan pelanggan mereka.



Dapatkan Keunggulan Kompetitif dalam Memanfaatkan AI Pada Omnichannel

Perusahaan kini mulai menyadari pentingnya hubungan pelanggan dengan mengkombinasikan alat transformatif seperti AI ke dalam strategi untuk memenuhi kepuasan pelanggan yang semakin berkembang. Dengan adanya Summarize AI untuk membantu meringkas interaksi pelanggan yang memudahkan agen untuk memahami masalah dan kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat tanpa harus membaca seluruh percakapan.


Selain itu, AI juga mengurangi beban biaya secara signifikan dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin sehingga sumber daya manusia dapat mendapatkan peran yang lebih berfokus terhadap pengembangan perusahaan. Keputusan untuk berinvestasi dalam penggunaan AI buka hanya perihal mengikuti tren teknologi, ini mengenai perusahaan yang menginginkan perkembangan di masa depan.


Manfaat yang ditawarkan AI untuk memaksimalkan layanan pelanggan tidak hanya untuk memaksimalkan perkembangan perusahaan, ini juga dapat membangun reputasi positif karena meningkatkan kepuasan dan citra di mata pelanggan mengenai kinerja layanan tersebut.







bottom of page